Entri Populer

Minggu, 10 Maret 2013

KETERKAITAN FILM LIMITLESS DENGAN ATRIBUSI, KOGNISI SOSIAL DAN KOGNISI


Pengertian Atribusi, Kognisi sosial, dan Kognisi

Atribusi

Menurut Heider, dalam tradisi fenomenologi, pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana kita melakukan kontak dengan dunia nyata jika pikiran kita hanya memiliki data indrawi (kesan dari data indrawi). Atribusi merupakan analisis kasual, yaitu penafsiran terhadap sebab-sebab dari mengapa sebuah fenomena menampilkan gejala-gejala tertentu.

Menurut Heider ada dua sumber atribusi terhadap tingkah laku :

1.      Atribusi internal atau disposisional, misalnya sifat, karakter, sikap, dll.

2.      Atribusi eksternal atau lingkungan, misalnya situasi atau keadaan tertentu.

Jadi pada umumnya, Atribusi adalah sebuah teori yang menjelaskan tentang perilaku seseorang. Bagaimana kita membuat keputusan tentang seseorang. Kita membuat sebuah atribusi ketika kita merasa dan mendeskripsikan perilaku seseorang dan mencoba mencari tahu  mengapa mereka berperilaku seperti itu.

Kognisi sosial

     Menurut Baron & Byrne (2000) kognisi sosial merupakan cara individu untuk menganalisa, mengingat dan menggunakan informasi mengenai kejadian atau peristiwa-peristiwa sosial.

Dalam menganalisa suatu peristiwa, terdapat 3 proses, yaitu:

  1. attention : proses pertama kali terjadi dimana individu memperhatikan gejala-gejala sosial yang ada disekelilingnya
  2. encoding : memasukkan apa yang diperhatikan ke dalam memorinya dan menyimpannya
  3. retrieval : apabila kita menemukan gejala yang mirip kita akan mengeluarkan ingatan kita dan membandingkan apabila ternyata sama maka kita bisa mengatakan sesuatu mengenai gejala tersebut atau bisa juga individu mengeluarkan ingatannya ketika akan menceritakan peristiwa yang dialami.

Jadi pada umumnya, Kognisi sosial adalah proses berpikir yang dilakukan seseorang untuk memahami dirinya sendiri dan orang lain. tata cara di mana kita menginterpretasi, menganalisa, mengingat, dan menggunakan informasi tentang dunia sosial. Kognisi sosial dapat terjadi secara otomatis. Contonya, saat kita melihat seseorang dari suatu ras tertentu (misalnya Cina), kita seringkali secara otomatis langsung berasumsi bahwa orang tersebut memiliki ciri / sifat tertentu.

Kognisi

Kognisi adalah kepercayaan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Proses yang dilakukan adalah memperoleh pengetahuan dan memanipulasi pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, memahami, menilai, menalar, membayangkan dan berbahasa. Kapasitas atau kemampuan kognisi biasa diartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Kepercayaan/ pengetahuan seseorang tentang sesuatu dipercaya dapat memengaruhi sikap mereka dan pada akhirnya memengaruhi perilaku/tindakan mereka terhadap sesuatu.

Perbedaan Atribusi, kognisi sosial dan kognisi adalah atribusi lebih menekankan pada sebab-sebab perilaku orang lain, baik sifat, niat maupun motivasi seseorang melakukan sesuatu. Perilaku bisa disebabkan oleh faktor disposisional (faktor dalam/internal), misalnya sifat, karakter, sikap dsb, atau disebabkan oleh keadaan ekternal, misalnya tekanan situasi atau keadaan tertentu yang memaksa seseorang melakukan perbuatan tertentu. Sedangkan kognisi sosial adalah lebih menekankan pada pemahaman tentang  orang lain (persepsi sosial) dan diri sendiri (persepsi diri).  Dan kognisi menekankan keyakinan sesorang pada suatu hal dan hal itu dapat merubah perilakunya.

Analisis film ‘limitless’ dari beberapa segi:

Atribusi

Efek NZT 48 membuat Eddie yang pada awalnya berpenampilan agak kumal seperti orang yang putus asa menjadi rapi, bersih dan segar. Ia juga menjadi brilian dan siap menghadapi dunia luar. Semua hal besar yang berhasil ia lakukan membuatnya menjadi orang yang semakin sukses dan semua itu bisa dicapai karena pengaruh dari NZT 48. Pil itu membuat kerja otaknya menjadi maksimal. pada awalnya ia mengonsumsi NZT 48 agar pikirannya terbuka dan mendapat banyak inspirasi dalam penulisan bukunya, namun seiring dengan perkembangan kemampuannya yang semakin dahsyat, ia tanpa sadar memiliki keinginan lain yang sekaligus merubah niatnya. pengaruh NZT 48 yang sangat besar bagi otaknya membuat ia dapat melakukan banyak hal dan bisa bergerak lebih cepat. Eddie mendapat motivasi baru dalam hidupnya karena pil tersebut. Mula-mula ia berhasil dalam penulisan bukunya. Lalu ia juga berhasil bermain saham dan membangun relasi dengan banyak orang hingga pada akhirnya ia termotivasi untuk menduduki kursi kepresidenan.

Kognisi Sosial

Dari film ini jelas terlihat sekali bagaimana cara kerja dari obat NZT 48 itu sangatlah menakjubkan dan dahsyat, efek obat ini dapat membuat Eddie  menjadi ingat semua hal yang pernah ia ketahui dan ia lihat, yang dulunya stuck dan memori jangka panjangnya sudah tidak bisa diharapkan, tapi berubah total. Semua memori yang tidak pernah ia ingat, dengan cepatnya dia bisa mengingat kembali dengan detail. Ia tahu segalanya tentang dunia saham, baik di negaranya ataupun luar negeri. Ia menjadi sangat jenius dengan obat NZT 48 itu, ia memahami segalanya dengat baik dan cermat, ia mampu mempresentasikan kemampuannya dengan baik, hingga membuat semua orang menyukainya.

Tiga proses menganalisa suatu peristiwa dapat ia tampilkan dengan baik. Mulai dari attention, ia mampu menangkap gejala-gejala yang terjadi di lingkungannya, ia membuat peluang  baru dengan pengetahuan yang ia miliki. Kemudian encoding, ia menyimpan informasi tentang apa yang diperoleh dengan attentionnya. Terakhir retrieval,  ketika ia menemukan hal yang sama seperti ketika ia mencari informasi tentang dunia saham dan ia mampu  mem bandingkan antara berbagai kegiatan saham di berbagai Negara dan menceritakan pengetahuan dan pemahaman yang ia miliki kepada relasi-relasinya.

Kognisi

Setelah mencoba NZT 48 yang diberikan oleh mantan kakak iparnya, Vernon, ia pun percaya akan kegunaan pil tersebut. Jika sebelumnya ia sangat stuck dalam profesi menulisnya, namun setelah menenggak pil itu, ia merasa wawasannya terbuka. Ia mendapat banyak inspirasi dan pikirannya menjadi jernih. Ia tiba-tiba menjadi paham akan segala hal yang bahkan sebelumnya tidak ia ketahui. Ia mampu menyelesaikan tulisannya dengan cepat dan baik hingga buku karangannya selesai dalam beberapa hari saja. namun pil itu ternyata hanya bertahan dalam waktu sehari.

Akhirnya dengan keyakinan yang semakin besar, ia pun mulai mengkonsumsinya lebih banyak dengan tujuan agar ia lebih brilian. Lama-lama eddie tidak lagi tergerak untuk menulis. Sebaliknya ia bisa dengan mudah mempelajari berbagai keahlian baru, mulai dari belajar bermain piano, menjadi pemain kartu dan poker profesional, hingga mempelajari bahasa asing. semua itu dapat dikuasai Eddie hanya dalam waktu beberapa hari akibat pengaruh obat yang dikonsumsinya.

Eddie semakin percaya diri dengan kedahsyatan pil tersebut hingga ia mencoba untuk bermain saham. Dengan kebrilianannya dari pengaruh obat itu, eddie pun berhasil dan ia membuat banyak orang terkejut sekaligus takjub. NZT 48 menjadikannya seseorang yang sukses dan serba bisa.

 Sikap yang muncul dari film limitless

Sikap yang muncul dari film limitless adalah seseorang bisa berubah total karena ada stimulus. Dalam film ini sikap yang dimunculkan adalah positf dan negatif, dari pengaruh obat NZT 48 itu Eddie mampu melakukan sesuatu yang yang menakjubkan, kemampuan diatas rata-rata orang secara umum. Ia bisa merubah kehidupannya, menambah pengetahuan dan pemikiran yang sangat berguna baginya. Kemampuan-kemampuan special mampu ia tampilkan dengan baik, perubahan yang begitu dahsyat mampu ia ciptakan. Namun, obat tersebut dapat membuat orang lupa diri, tidak bisa mengontrol diri, membuat orang lupa akan apa yang telah ia lakukan, menjadikan orang ketergantungan. Obat tersebut mengendalikan fungsi saraf dalam otak. Lebih baik untuk kita melakukan perubahan dengan natural dan introspeksi diri, belajar tentang mengolah pikiran dengan baik, mungkin akan lebih baik daripada bergantung dengan obat yang akan merugikan kita nantinya jika tidak mengkonsumsinya.

1 komentar: